Langsung ke konten utama

22 Puisi : Kado Untuk Kamu

yang jauh dimata, tapi bikin deg-degan di hati.




aku penyair miskin tetapi kekasihku cinta

                      -Wijhi Tukul


selamat ulang tahun,

selamat hari ........ sedunia,

selamat hari sayang sedunia. 


1/

selamat ulang tahun. 

semoga tidak bosan dengan aku dan hidup.

ulang sekali lagi ya : aku mencintaimu 


semoga kamu juga seperti itu

dan tidak akan dengan sengaja : 

melupakan aku


atau kamu kuramal akan menyesal


2/

kalau puisi ini sampai kepada matamu

bilangin terimakasih ya, 

sudah mau membaca,

matamu sejuk, 

mirip es lemon.


aku suka dan aku lagi gak boong


3/

pernah ingat aku nanya.


apa Tuhan nyiptain kamu

cuma buat aku seneng?


ini aku mau balas budi. 

biar gantian, kamu yang kubikin seneng 

dan wajib seneng 


bukan pura-pura

semoga


4/ 

kamu baik-baik ya 

tetep jadi baik

jangan jadi jahat

di bumi, 

orang baik mirip bunga mekar


5/

kamu mau doa apa di ulang tahunmu?

kalo kamu doa dengan ada namaku di dalamnya


aku ikut amin paling keras kaya toak masjid.

amin paling serius


6/

sayang,

jangan suka lepas, 

jangan suka pergi,

kan ada aku di dalam tubuhmu,

juga,

jari-jari tanganku tidak lebih kuat, 

jika hanya untuk menggenggam.


paham?


7/

semisal nanti ada yang menyakitimu,

bilang,

aku marahin dia habis-habisan,

biar tau rasa. 


gak tau apa, 

sakit nimbulin luka,

juga meskipun gak berdarah  


dia yang nyakitin kamu belum tentu bisa nyembuhin

tetep aja bakal ada bekasnya


tapi tenang, 

nanti kalo kamu sakit,

aku bantu nyembuhin

kan aku sayang


8/

ada yang gak bisa aku lakuin

selain aku gak bisa makan pas nyelem 

gak bisa untuk enggak males

gak bisa kalo gak insecure,


yaitu. 

gak bisa lama-lama kesel ke kamu

soalnya kamu imut kaya kaktus


9/

sayang,

jangan lupa makan,

jangan lupain aku,

besok minum,

besok kerja lagi,

besok inget lagi

besok sayang aku lagi

sayang terus, 

terus lurus aja,

gak belok-belok


10/

jalanmu adalah jalanku

jalanmu tempat pulang

jalan menujuku juga bukan cuma untuk jalan-jalan


eh apa sih

yang paling penting itu kan

kapan kita jalan?


yang gak cuma 

yaudah jalanin aja

hehe


11/

sayang, 

beri aku sesuatu yang paling mengikat

aku mau hidup yang ada kamu di dalamnya

biar tidak ada yang gampang lepas

seperti kapuk kapas 


12/

jangan jauh-jauh

yang jauh biar matahari, bulan, bintang planet

soalnya mereka gak kenal kangen

beda sama aku


13/

kegunaan kamu

yang sebenarnya : 


buat mamah kamu

buat papah kamu

buat aku


yang lain biar ngantri dulu


14/

kamu selalu ingetin buat aku bahagia

tapi kalo aku bahagianya sama kamu gimana? 


jangan kemana-mana ya

nanti sedih udah kayak hujan batu

nyakitin


15/

pas umur kamu nambah 

aku cuma doa

semoga angga selalu ada


syukur syukur buat aku

gak lebih. hehe


16/

tidak ada hal yang paling ngangenin

selain kamu sama seblak

heran


pakek bumbu apa sih


17/


yang manis kamu

yang kuat kamu

yang baik kamu

yang lucu kamu

yang segalanya kamu


yang, sayang kamu aku

yang lain dibelakang dulu 


18/


aku selalu ingin berbicara denganmu

dan kerap kali aku diam

aku ingin mengenal yang ada dalam dirimu

lalu aku ingin tau segalanya


aku ingin dia bisa melihatku


19/

Tuhanku yang baik

jaga ia yang menggemaskan ini

dari segala mara bahaya


jaga senyumnya buat aku

jangan buat dia cemas


sembuhin luka-luka dia

jangan bikin dia sedih

jangan bikin dia benci sama orang

jangan bikin dia gak ada 


terimakasih.


20/


eh, 

gapapa kan 

aku bikin puisi buat kamu


biar ntar kalo sekalipun aku gak ada.

semoga aja enggak

kamu bisa baca setiap apa yang kamu mau 


21/

aku sayang, 

hari ini, 

mungkin besok nambah

mungkin lusa juga nambah

mungkin tiap hari nambah 

semoga

kamu juga ya


22/

selamat ulang tahun ya, 

aku cuma mau minta satu permintaan lagi


Tuhan, cintai ia ya, jangan lupa. 

soalnya aku juga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi Untuk Kekasih Separuh Bulan, Pukul Lima Pagi

 I/ Beri aku peluk, yang begitu mengikat, kekasih. Biar jarak membenci kita Biar dekat yang mendekap adalah yang paling pantas Aku ingin pulang kepadamu, menjadi diriku yang utuh Aku tidak bisa mengandalkan apa-apa Untuk berharap kita selama-lamanya, Meskipun begitu Kulempar segala doa baik Semoga langit-langit memayunginya Semoga Tuhan mendengar dan menerima Rapal namaku dengan sapaanmu yang paling mesra Biar semua dengar Sebab kita adalah yang paling puisi, bukan? II/ Malam selalu mengantri untuk menyapa Karena hendak mencapaimu Sore menjadi cemburu Barangkali, ia muak,  tidak ada pertemuan, tidak ada percakapan indah juga, padahal Sore mengaku,  ia ikhlas menjadi segala sesuatu yang ternyaman di bumi ini Tetap tidak peduli, kamu tetap memilihku, bukan? Aku tidak bisa berbuat apa-apa Atas maksud mereka, aku juga tidak mengerti Sebab aku dan kamu saja juga bergejolak Untukmu bisa mencapai aku dan Untukku bisa mencapaimu Jalan saja juga terlihat tidak begitu jelas Apa mungkin disebabka

Cara Kerjanya Cinta yang Memintaku Untuk Diam dan Menulis Puisi Saja

Jujur sekali, ada banyak hal yang ingin aku katakan padamu, namun aku keluh dan aku malah menulis puisi-puisi seperti ini. Aku ingin menelfonmu, sesekali, meskipun tidak setiap hari. Mengatakan tentang bagaimana aku merindukanmu dan menunjukkan betapa aku cinta. Namun, sayangnya aku benar-benar belum bisa, mulutku tiba-tiba kaku dan tanganku tidak cukup kuat untuk mencari namamu di telphone genggamku. Betapa menyakitkan, perasaan yang takut untuk perpulang seperti ini. Tapi ya mau bagaimana lagi, aku begini. Aku meraut pensil yang sudah tak terhitung, hanya untuk menunjukkan puisiku. Ya, aku harus bekerja lebih keras lagi, supaya kamu terketuk. Cukup membaca satu atau dua saja. Tidak masalah, asal kamu tahu, semua puisi bernyawa kamu. Kudengar cinta seperti bohlam di ruang yang gelap, benar-benar menenangkan saat ketakutan datang. Ya, aku ingin jadi bohlam. Tapi ada lagi, aku percaya, sebenar-benarnya cinta seperti pelukan ibu. Aku ingin merasakan itu setiap hari. Membahagiakan, murni